iPhone

iOS 17.4 Akan Menghapus Dukungan PWA untuk Pengguna iPhone di Eropa

iOS 17.4 Akan Menghapus Dukungan PWA untuk Pengguna iPhone di Eropa

Apple baru-baru ini merilis iOS 17.4 beta untuk mematuhi undang-undang antimonopoli Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa, yang memaksa perusahaan untuk mengizinkan app store alternatif di iPhone. Pembaruan ini juga membawa beberapa perubahan terkait browser web dan beberapa kabar buruk juga. Pengguna di Eropa yang telah menginstal versi beta menyadari bahwa mereka tidak dapat lagi menginstal dan menjalankan web app di iPhone mereka.

Web App tidak lagi berfungsi untuk pengguna iPhone di Eropa

Sejak awal, Apple mengizinkan pengguna menambahkan situs web ke Layar Utama iPhone, sehingga dapat digunakan sebagai web app. Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah menambahkan banyak fitur untuk meningkatkan dukungan terhadap web app. Misalnya, iOS 16.4 mengizinkan PWA mengirimkan push notification dengan lencana ikon.

Namun semua perbaikan tersebut nampaknya sudah hilang sekarang, setidaknya bagi negara-negara Eropa. Sebagaimana dicatat oleh developer Maximiliano Firtman dalam twitternya, iOS 17.4 beta menghapus dukungan untuk progressive web apps (PWA) dari sistem untuk pengguna yang berlokasi di Eropa.

Pada awalnya, Firtman percaya bahwa PWA tidak berfungsi di iOS 17.4 beta karena adanya bug. Namun, dengan dirilisnya iOS 17.4 beta 2 awal pekan ini , sistem kini menampilkan peringatan yang memberi tahu pengguna bahwa web app “mulai sekarang akan dibuka dari browser default Anda”. Dan meskipun Anda masih dapat menambahkan situs web ke Layar Utama iPhone, situs tersebut cukup dibuka di browser default pengguna.

Hal ini mempunyai banyak dampak bagi penggunanya. Misalnya, semua data yang disimpan oleh web app ini secara otomatis dihapus dengan pembaruan. Situs web juga tidak dapat lagi mengirimkan push notification kepada pengguna.

iOS 17.4 dan DMA

Apple belum mengomentari perubahan ini terkait dengan DMA. Salah satu persyaratan yang ditetapkan oleh undang-undang Uni Eropa yang baru adalah Apple harus mengizinkan developer membuat browser dengan mesin mereka sendiri. Saat ini, setiap browser yang tersedia di iOS harus berbasis WebKit Apple.

Hasilnya, iOS 17.4 tidak hanya memungkinkan developer merilis browser dengan mesin alternatif di Eropa, tetapi sistem kini menanyakan browser mana yang diinginkan pengguna secara default. Namun, karena web app juga didasarkan pada Safari dan WebKit, Apple mungkin memilih untuk menghapus PWA di Eropa agar tidak dituduh memanfaatkan mesinnya sendiri.

Saat ini masih belum jelas apakah Apple akan menemukan solusinya atau apakah PWA akan menjadi masa lalu bagi mereka yang tinggal di Eropa.

iOS 17.4 diperkirakan akan dirilis ke publik pada minggu pertama bulan Maret.

Tags
Berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *