News

Fitur Anti-Stalking Apple Memperingatkan Seorang Wanita tentang AirTag yang Disembunyikan di Mobilnya

Fitur Anti-Stalking Apple Memperingatkan Seorang Wanita tentang AirTag yang Disembunyikan di Mobilnya

Rangkaian fitur anti-stalking (anti-penguntit) Apple yang tangguh untuk AirTag memperingatkan seorang wanita di Connecticut tentang pelacak yang tersembunyi di mobilnya. Menurut laporan dari berita lokal WTNH, wanita tersebut menerima pemberitahuan di iPhone-nya bahwa AirTag telah mengikutinya, yang mendorongnya untuk menghubungi polisi.

Investigasi mengungkapkan bahwa wanita tersebut menerima peringatan serupa pada Februari 2023, awalnya menghubungkannya dengan seorang kerabat yang meninggalkan AirPods di kendaraannya. Namun pada 24 Maret 2023, pemberitahuan lain mendorongnya untuk memeriksa kendaraannya secara menyeluruh.

Menurut penegak hukum, mereka dapat menggunakan nomor seri AirTag untuk memperoleh ‘informasi pelanggan’ tentang pemilik AirTag, yang ternyata adalah Anthony Magro dari Bridgeport, Connecticut. Apple mengatakan setiap AirTag memiliki nomor seri unik dan ‘dapat memberikan detail akun yang dipasangkan sebagai tanggapan atas panggilan pengadilan atau permintaan sah dari penegak hukum’.

Korban mengatakan kepada polisi bahwa dia ‘tidak kenal dan tidak pernah berinteraksi dengan Magro’.

Namun meskipun Magro diidentifikasi sebagai penguntit AirTag pada Maret 2023, butuh waktu hampir satu tahun bagi polisi untuk benar-benar melacaknya:

Pada 8 Mei 2023, mereka menghubungi Magro yang menjelaskan bahwa dia pindah ke Bridgeport. Ketika polisi berusaha mengatur pertemuan dengan Magro, dia mengatakan bahwa dia tidak mengemudi dan membutuhkan transportasi.

Upaya komunikasi dengan Magro terbukti menantang, dengan panggilan dialihkan ke pesan suara beberapa kali. Baru pada tanggal 7 Februari 2024, pihak berwenang berhasil menjalin kontak dengan Magro di West Haven.

Margo kemudian ditahan dan didakwa dengan kasus penguntitan elektronik.

Photo by Onur Binay on Unsplash
Tags
Berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *