News

Apple Membeli Domain iwork.ai

Apple Membeli Domain iwork.ai

Setelah ChatGPT diluncurkan pada bulan November 2022, kecerdasan buatan (AI) membuat gebrakan besar pada tahun 2023, dengan fungsi dan layanan AI generatif (kemampuan AI untuk membuat konten) bermunculan di mana-mana. Namun, Apple belum memberikan informasi apa pun yang paling banyak didengar dari Apple sejauh ini adalah jaminan dari CEO Tim Cook bahwa Apple sedang mengerjakan ‘sesuatu’.

Akhirnya terlihat bukti bahwa Apple benar-benar sedang mengerjakan sesuatu atau mungkin beberapa hal. Yang terbaru datang dari laporan BuyAiDomains.com yang menyatakan bahwa Apple telah membeli domain ‘iwork.ai’ yang dapat dikonfirmasi dengan memeriksa catatan pendaftaran di database nama domain Whois. Hal ini membuat BuyAiDomainscom menyimpulkan bahwa aplikasi iWork (Keynote, Numbers, dan Pages) di ambang transformasi revolusioner. Mungkin saja demikian, atau Apple mungkin hanya ingin memastikan tidak ada orang lain yang mengklaimnya.

Namun, terdapat bukti bahwa Apple mungkin akan melakukan perubahan besar pada iWork. Laporan iwork.ai muncul setelah Apple minggu lalu merilis model AI open-source yang disebut MLLM-Guided Image Editing, atau disingkat MGIE. Dibuat bekerja sama dengan UC Santa Barbara, model ini dapat mengedit gambar berdasarkan perintah tertulis pengguna. Makalah konferensi menjelaskan fungsi mirip Photoshop yang dapat dilakukan MGIE, dan Apple memiliki kode, data, dan model terlatih yang tersedia untuk diunduh di GitHub.

Mengingat waktu akuisisi iwork.ai dan rilis MGIE, mudah untuk menyimpulkan bahwa Keynote, Numbers, dan Pages dapat memiliki fitur berbasis MGIE, untuk dipadukan dengan fungsi AI generatif lainnya. Rangkaian aplikasi iWork telah tersedia selama hampir 20 tahun dan Apple belum melakukan banyak perubahan akhir-akhir ini, sehingga mengurangi ekspektasi untuk versi mendatang. Alangkah baiknya jika Apple lebih memperhatikan iWork, dan langkah ini bisa menjadi awal dari perubahan ke arah yang benar. iWork adalah alternatif yang relatif ringan untuk Microsoft Office, namun dorongan AI yang kuat dapat secara mendasar mengubah cara Apple memasarkan suite tersebut yang hadir gratis dengan perangkat Apple baru.

Prioritas software Apple adalah sistem operasinya, sehingga MGIE dan fitur AI generatif lainnya dapat memainkan peran besar dalam pembaruan OS. Laporan bulan Oktober oleh Mark Gurman dari Bloomberg menyatakan bahwa AI generatif akan memainkan peran besar di iOS 18. Ini bersama dengan Siri versi baru, akan memulai debutnya di WWDC pada bulan Juni. Namun, laporan lain mengklaim Apple menargetkan tahun 2025 untuk fitur AI terbesar, jadi meskipun ada pengumuman WWDC, kita mungkin harus menunggu.

Tags
Berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *