News

Apple akan Menyelesaikan Gugatan Rahasia Dagang dengan SoC Startup Rivos

Apple akan Menyelesaikan Gugatan Rahasia Dagang dengan SoC Startup Rivos

Apple telah mencapai kesepakatan dengan Rivos, perusahaan SoC yang digugatnya pada tahun 2022 karena pencurian rahasia dagang, lapor Bloomberg. Rivos akan menjalani pemeriksaan forensik terhadap sistemnya untuk menghapus informasi rahasia Apple.

Rivos mempekerjakan lebih dari 40 karyawan Apple, termasuk beberapa mantan insinyur tingkat tinggi, sehingga Apple mengajukan gugatan pada Mei 2022. Apple menuduh Rivos melakukan perburuan terhadap karyawan dan mencuri rahasia dagang chip melalui karyawan tersebut. Rivos sedang merancang SoC yang akan bersaing dengan chip seri A dan seri M Apple.

Menurut Apple, setidaknya dua insinyur yang dipekerjakan oleh Rivos mengambil “data spesifikasi SoC sensitif dan file desain” selama beberapa hari terakhir mereka di Apple. Para karyawan menggunakan drive USB dan AirDrop untuk mentransfer materi sensitif Apple ke perangkat pribadi mereka, dan diduga mencuri presentasi di SoC yang belum dirilis.

Apple meminta perintah pengadilan terhadap karyawan yang bergabung dengan Rivos untuk mencegah mereka terus membocorkan data sensitif, dan Apple meminta kompensasi atas kerugian yang disebabkan oleh penyalahgunaan rahasia dagang dan “pengayaan tidak adil” yang dilakukan Rivos dengan biaya Apple. Apple menginginkan “tarif royalti yang wajar” dari Rivos untuk produk masa depan, dan telah meminta pengadilan juri.

Rivos dan Apple bertujuan untuk menyelesaikan penyelesaian mereka pada tanggal 15 Maret, dan sedang menjalani proses remediasi.

Photo by Laurenz Heymann on Unsplash
Berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *